Apakah menghilangkan makan malam bisa buat hidup kamu lebih sehat ?

makan malam

Haii,, sahabat kencana. Kembali lagi kami ingin berbagi informasi mengenai kesehatan, kali ini mengenai “Makan Malam“. Hal ini menarik untuk dibahas, karena kebanyakan dari kita tahu sebuah rutinitas yang sudah terjadi sejak kalian kecil hingga sekarang. Apalagi jika kamu sudah dewasa dan bekerja, dimana ketika sudah lelah akan rutinitas kerjamu or bahkan stress karena pekerjaan. Rata-rata dari kita setelah pulang kerja memilih untuk kongkow bersama teman-teman atau your officemates kalian tentunya makan malam pun tidak bisa dihindarkan. Lantas apakah hal itu salah? No, tentu saja tidak salah. But apakah kamu tahu penyebab datangnya penyakit karena makanan yang kita makan dan pola makan yang kurang sehat?

Menurut Global Burden of Disease “Kebiasaan menerapkan pola makan yang buruk itu, penyebab dari 72 persen angka kematian di seluruh dunia pada tahun 2016”. Dari informasi ini saja, sahabat kencana jadi lebih aware dengan pola makan kita. So, jadi jika sahabat kencana tidak makan malam berarti akan terhindar dari kemungkian terserang penyakit? hmmmmm,, i don’t think so. Yukkk kita ulas dulu dampak negatifnya:

Dampak Negatif

makanan sehat

Kenapa yang kita bahas negatifnya terlebih dahulu, karena terkadang kita menyepelekan hal yang sederhana tetapi berdampak besar di kemudian hari. Jika kita makan pada malam hari dan makan yang kita makan berlebihan dan tidur setelah makan. Hal ini yang dinamakan pola makan yang tidak sehat, dimana jika kita terus melakukan kebiasaan buruk ini maka kita akan meningkatkan kemungkinan terkena Penyakit Serangan Jantung, Obesitas dan Diabetes. 2 penyakit ini, biasanya pemicu utama dari faktor keturunan dan karena pola makan yang tidak baik. Sebenarnya, makan malam adalah asupan energi terakhir bagi tubuh sebelum Anda tidur sampai waktu sarapan tiba. Karena idealnya kita masih diperbolehkan makan sebelum jam 8 malam. Nah setelah sahabat kencana membaca mungkin akan berfikir tema/judul ini harusnya mengenai pola makan bukan makan malam. Ok, gapapa kalian berfikir seperti itu tapi makan malam adalah salah satu pola makan lohhh, so ini benar-benar saling terkait. hehehehehe

Back to topic kenapa kita hanya mengheadline “Makan Malam” saja dan tidak makan siang or makan pagi? ofcourse, jika kita makan malam melawati jam 20:00 WIB atau jam 8 malam. Karena aktifitas kita pada malam hari jauh lebih sedikit dibandingkan pada waktu pagi hingga sore, dimana tubuh kita sudah merasa lelah menjalani kegiatan atau aktifitas pada hari itu. Jika kita memilih untuk makan malam sedangkan waktu sudah terlalu malam, maka tubuh akan kesulitan dalam mencerna makanan. Apalagi yang kita makan merupakan makanan yang berkalori tinggi dan mengandung gula.

Jadi menghilangkan makan malam belum tentu membuat anda hidup jadi lebih sehat, karena seperti kencana jelaskan diatas. Makan malam adalah asupan energi terakhir bagi tubuh sebelum anda tidur hingga waktu sarapan tiba. Itu sebabnya, sangat penting bagi Anda untuk tidak melewatkan makan malam yang sehat dan bergizi agar ketika tidur, tubuh mampu melepaskan glukosa secara stabil ke dalam aliran darah.

Waktu yang tepat untuk makan malam

Hal yang harus anda tahu adalah mengenai jam biologis tubuh anda. Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University Medical School menjelaskan bahwa sesehat apa pun makanan yang Anda konsumsi, jika jadwal makan Anda tidak mengikuti jam biologis tubuh maka sistem metabolisme Anda bisa jadi kacau. Nah, waktu terbaik untuk makan malah adalah pukul 5 sore hingga paling telat pukul 7 – 8 malam. Jam makan ini dianggap paling tepat karena diperkirakan tubuh Anda sudah selesai mencerna makanan dengan sempurna sebelum Anda terlelap tidur. Intinya, beri waktu sekitar 3 jam agar makanan bisa dicerna tubuh secara sempurna sebelum Anda tidur. Bagi yang ingin diet, mungkin lebih baik makan sebelum jam 7 malam sehingga kalian tidak menghilangkan jam makan malam dibandingkan jika kalian tidak makan.

Aturan makan malam agar tetap sehat

Sebelum kita sudah tahu waktu idealnya makan malam dari jam 5 hingga jam 7-8 malam, sekarang kita juga harus tahu cara mengatur makan malam agar tetap sehat dan dijauhi dari kegemukan tentunya, berikut daftarnya;

  1. Selalu perhatikan asupan makanan yang Anda makan. Ada baiknya Anda mengonsumsi makanan ringan namun sehat di malam hari. Semangkuk buah dan segelas susu adalah solusi yang baik.
  2. Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit bagi tubuh untuk merasakan jika perut sudah kenyang. Oleh karena itu, makanlah secara perlahan, jangan terburu-buru. Ini akan mencegah Anda makan terlalu banyak dan berakhir kekenyangan.
  3. Jika ingin makan berat, hindari makan berlemak dan pedas pada larut malam. Pasalnya kedua jenis makanan ini sulit dicerna tubuh sehingga memungkinkan Anda mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut yang bisa membuat kualitas tidur Anda terganggu.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.