Dampak HP bagi kesehatan manusia

Di era milenial sekarang ini siapa yang tidak punya HP Smartphone. Pastinya banyak yang punya bukan. HP digunakan untuk komunikasi, berbisnis, dan hiburan serta mengetahui berbagai informasi dan pengetahuan. Penggun HP yang kurang bijak tidak akan memperhatikan waktu hingga rela begadang untuk sekedar ngegame, stalking socmed ataupun yang lainnya. Seringnya bermain smartphone hingga larut malam berdampak negatif bahkan menjadi ancaman serius bagi kesehatan.

Apa saja efek sampingnya? Mari, kita bahas lebih lanjut efek samping bermain hp sampai begadang

Merusak retina

Membuka HP sebelum tidur memiliki efek negatif karena HP memancarkan sinar blue light. Cahaya ini sebenarnya membantu pengguna dapat melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari. Nah…Jika layar digunakan dalam ruang gelap, cahaya ini akan berdampak negatif pada kesehatan mata. Akibatnya mata akan terasa kering, gatal, dan mata merah. Seperti sinar tampak lainnya, sinar biru bisa masuk ke dalam mata. Setelah merusak mata bagian luar, sinar biru akan mencapai bagian terdalam mata yaitu retina. Paparan sinar biru akan menyebabkan seseorang terkena degenerasi makula, glukoma dan penyakit retina degeneratif. Kesehatan macula mempengaruhi kemampuan mata untuk melihat sesuatu dalam detail yang jelas.

Cara mengurangi resiko retina rusak

  1. Perbesar ukuran huruf pada ponsel dan buat tampilan layar tidak terlalu terang.
  2. Cobalah menggunakan ponsel dalam ruangan yang cahayanya cukup dan tidak menggunakannya lebih dari 15 menit dalam satu waktu.
  3. Psikolog Dr Aric Sigman menyarankan untuk tidak membiarkan anak berusia 3-7 tahun untuk tidak bermain game dilayar ponsel lebih dari setengah jam sehari.

Menggangu siklus tidur

Secara normal, tubuh memproduksi hormon melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur seseorang. Pada siang hari hormon melatonin jumlahnya sedikit, kemudian akan bertambah jumlahnya pada malam hari dan mencapai puncaknya pada tengah malam. Terlalu banyak terkena paparan sinar, terutama sinar biru pada malam hari mengakibatkan mundurnya jadwal tidur seseorang.

Pada tahun 2014, para ahli neurosains meneliti tentang perbedaan jam tidur orang yang membaca buku menggunakan kertas dengan yang menggunakan perangkat digital (e-book). Hasilnya diperoleh bahwa orang yang membaca mengguakan perangkat digital menjadi leih mengantuk dan membutuhkan waktu lama untuk tidur sedangkan yang membaca menggunakan media kertas akan lebih cepat tidur.

Cara meminimalisir gangguan siklus tidur :

  1. Menjaga jarak pandangan pada layar smartphone.
  2. Tidak memainkan HP saat sudah mulai mengantuk

Kebiasaan memainkan smartphone pada malam hari memang sulit dihilangkan, tetapi setelah membaca efek samping dari bermain HP sampai begadang diatas pastilah akan berpikir dua kali untuk terus melakukan kebiasaan itu. Sedikit demi sedikit mulailah untuk mengurangi kebiasaan bermain HP dimalam hari terutama menjelang tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.