Manfaat dan Akibat Menggunakan Scrub Setiap Hari

Menjaga kulit agar tampak bersih dan cerah merupakan keharusan, apalagi bagi para wanita. Kulit yang bersih dan cerah akan membuat wanita tampak lebih cantik lagi. Secara sekilas kulit memang tampak cerah tapi sesungguhnya banyak sel-sel mati yang menumpuk pada kulit setiap harinya.  Salah satu cara untuk merawat kulit dengan menggunakan scrub. Ada dua macam scrub yaitu scrub untuk badan (body scrub) dan scrub wajah (face scrub). Dengan menggunakan scrub akan mempercepat regenerasi sel kulit. Di dalam scrub terdapat butiran-butiran kasar yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, mengangkat kotoran dan bisa menghaluskan permukaan kulit.

Manfaat Menggunakan Scrub:

  1. Mengangkat sel-sel kulit mati, seperti yang sudah disampaikan dibagian atas, kandungan dari scub yang dilengkapi dengan butirab-butiran kasar yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Oleskan scrub dan gosokkan pada kulit supaya sel-sel mati pada kulit rontok.
  2. Memberikan nutrisi bagi kulit, scrub biasannya terbuat dari bahan-bahan alami yang memiliki khasiat menutrisi kulit. Scrub yang mengandung teh hijau yang baik untuk mengangkat komedo dan menghilangkan jerawat dari kulit wajah anda. Varian yang mengandung lemon dan juga ekstrak kulit jeruk mandarin mampu mengangkat noda hitam dan sel kulit mati di wajah anda.
  3. Menghaluskan dan mencerahkan kulit, bahan yang dibuat untuk scrub ada berbagai jenisnya. Salah satunya srub yang mengandung almond dan zaitun. Kedua bahan ini menciptakan minyak alami kulit sehingga membuat kulit menjadi lembut dan tidak kering. Penggunaan secara teratur akan memperbaharui sel kulit dan mengangkat sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam. Stelah sel kulit mati terangkat  membuat kuit tampak cerah bercahaya.
  4. Mencegah penuaan kulit dan melancarkan peredaran darah, sel-sel kulit mati yang menempel pada kulit terangkat oleh scrub  sehingga akan mencegah penuaan kulit. Cara menggunakan scrub dilakukan dengan cara menggosok  dengan gerakan memutar yang bertujuan memperlancar peredaran darah dan mengencangkan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat lebih besar dari scrub gunakan secara teratur. Lakukan scrub untuk membersihkan wajah dua kali dalam seminggu untuk kulit berminyak, sedangkan lakukan setiap dua minggu sekali untuk kulit kering. Waktu yang paling tepat untuk melakukan scrub pada pagi hari dan malam hari.

Dampak Negatif Menggunakan Scrub:

  1. Wajah jadi kering, pemakaian scrub yang membuat kulit wajah mengelupas berlebihan, artinya kulit telah kehilangan kandungan minyak alami di wajah. Efeknya kulit wajah pun akan tampak sangat kering.
  2. Iritasi, jika berlebihan menggunakan scrub, kulit wajah menimbulkan iritasi.
  3. Kemerahan, saat kulit kehilangan lapisan pelindung, itu akan membuat kulit wajah menjadi kemerahan serta rasa nyeri ringan. Berhentilah menggunakan scrub jika reaksi ini terjadi.
  4. Sensitif, kulit Anda mungkin berubah sensitif ketika digosok dengan scrub secara berlebihan. Sebaiknya, hentikan penggunaan produk scrub yang mengandung bahan kimia jika Anda memiliki kulit sensitif.

Perlu diingat bahwa melakukan scrub ada aturannya. Jangan lakukan setiap hari, bukan manfaat yang didapatkan tetapi masalah pada kulit. Menggosok scrub akan mengikis sel-se kulit mati dari wajah sehingga kulit baru yang sehat apat menggantikan lapiran kulit kusam. Srubbing yang berlebihan malah akan membahayakan kulit. Jika terlalu sering melakukan srub akan mengikis sel kulit yang masih sehat, sehingga malah akan merusak kulit dan membuat kulit semakin menipis. Terlalu sering melakukan scrub menyebabkan kulit iritasi atau tampak kemerahan.

Oleh karena itu, setelah melakukan scrub sebaiknya gunakan lotion yang sesuai dengan jenis kulit. Pada saat melakukan scrub, pastikan tidak ada luka terbuka atau terdapat luka baru di wajah, tidak ada luka bakar, dan tidak terdapat penyakit.

One reply to Manfaat dan Akibat Menggunakan Scrub Setiap Hari

  1. Greetings! This is my first visit to your blog!
    We are a team of volunteers and starting a new project in a
    community in the same niche. Your blog provided us beneficial information to work on. You have done a marvellous job!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.