Olahraga Yang Bisa Dilakukan Sebelum Tidur dan Manfaat

Olahraga merupakan hal terpenting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Olahraga biasanya dilakukan pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas, mulai dari membereskan rumah sampai kerja di kantor. Namun, bagi para pekerja kantoran memiliki kendala waktu yang terbatas. Untuk mengatasi masalah tersebut, dapat melakukan olahraga ringan di malam hari sebelum tidur. Banyak manfaat yang diperoleh dan tidak kalah manfaatnya dari berbagai olahraga yang dilakukan pada pagi atau siang hari. Bagi para pekerja, olahraga sebelum tidur akan merilekskan otak  dan dapat menghilangkan stress sehingga mengurangi tekanan yang ada dalam pikiran setelah seharian bekerja. Baca juga artikel kita mengenai makanan yang bisa dimakan ketika sudah lewat dari jam makan malam.

Olahraga di malam hari dilakukan secara rutin dapat meningkatkan metabolism tubuh, bahkan saat kalian telah berbaring di tempat tidur. Sebuah jurnal tentang  Sport Nutrition menemukan bahwa proses metabolism tubuh berlangsung rata-rata 16 jam setelah olahraga, sehingga lemak akan terbakar saat beristirahat. Namun perlu diingat jangan melakukan olahraga berat karena dapat mengganggu tidur yang disebabkan denyut jantung meningkat. Wah ternyata banyak manfaatnya ya…Berikut olahraga ringan yang bisa dilakukan sebelum tidur dan manfaat melakukannya

Olahraga yang bisa dilakukan sebelum tidur dan manfaat

1. Speed squads

speed squad

Lakukan olahraga ringan ini saat sebelum tidur untuk melatih otot kaki. Gerakan ini bisa dilakukan dengan berdiri di samping tempat tidur. Di mulai dengan berdiri dengan kaki sedikit dilebarkan. Tangan dijulurkan kedepan dengan posisi kepala tegak kedepan. Kemudian atur ritme jongkok berdiri dan dapat divariasikan dengan gerakan tangan.

2. Wall Sits

wall sits

Manfaat melakukan olahraga ini untuk melatih otot kaki. Gerakan ini membutuhkan media tembok atau pintu lemari. Cara melakukan gerakan ini, Di Mulai dengan bersandar pada tembok. Kemudian membentuk posisi seperti duduk tanpa menggunakan kursi. Tahan berat badan dengan punggung yang menekan tembok sebagai tumpuan. Tahan posisi ini selama 30-60 detik dan lakukan berulang kali.

3. Neck Stretch

Olahraga ringan ini cocok sekali dilakukan sebelum tidur untuk merilekskan otot leher setelah seharian bekerja. Cara melakukan olahraga ini di mulai dengan duduk dengan posisi tegak dan kaki rileks atau bersila. Gerakan ini bisa dilakukan di tepi tempat tidur  dan telapak kaki diluruskan ke lantai. Gunakan tangan kanan untuk meraih ujung bagia tas teling kiri. Tarik secara perlahan ke arah kanan. Setelah itu pejamkan mata dan tetap bernapas secara normal. Tahan posisi ini selama 30 detik. Lakukan sebanyak 1-3 kali pada sisi kanan dan kiri

4. Half neck rotation

Olahraga ini berguna untuk merilekskan otot leher. Cara melakukannya, duduk dengan kaki rileks( kaki bersila atau menjejak lantai). Bahu dan lengan dalam kondisi rileks. Setelah itu, miringkan kepala ke kanan lalu putar kepa secara perlahan ke arah bawah hingga nyaris menyentuh bahu kiri. Jangan putar kepala kea rah atas. Lakukan gerakan ini ke arah sebaliknya. Ulangi gerakan selama 1-3 kali.

5. Hands Interlocked Overhead

Olahraga ringan ini sangat cocol untuk otot bahu dan lengan. Cara melakukannya di mulai duduk tegak dengan kaki bersila atau lurus di tempat tidur. Kaitkan jemari di atas kepala dengan telapak tangan menghadap ke atas, kepala dalam posisi rileks dengan mata terpejam. Kemudian dorong secara perlahan ke atas sambil bernapas secara normal. Rasakan peregangan otot bahu dan lengan. Tahan posisi ini selama 30 detik dan ulangi gerakan sebanyak 1-3 kali. Kalian dapat membuat variasi dengan mendorong tangan ke depan dada atau arah belakang.

6. Reach toes

Olahraga lainnya yang dapat dilakukan sebelum tidur yaitu reach toes. Olahraga ini untuk melatih otot pinggang, paha belakang dan betis. Cara melakukannya cukup mudah, duduk dengan kedua kaki rapat dan lurus ke arah depan. Tekuk lutut sedikit dan telapak kaki dalam kondisi tegak. Setelah itu tekuk tubuh ke arah depan. Jaga agar kondisi punggung tetap tegakk dan tidak membungkuk kemudian raih tangan sejauh-jauhnya ke arah jemari kaki. Dengan kepala rileks dan mata terpejam, jaga agar pernapasan tetap normal. Rasakan peregangan pada pinggang, paha belakang dan betis. Tahan posisi ini selama 30 detik dan ulangi gerakan sebanyak 1-3 kali.

7. Elongation Stretch

Olahraga ini sangat baik untuk tubuh dan berguna mereleksakan otot seluruh tubuh. Cara melakukannya, tidur dalam posisi terlentang dengan kaki rapat dan luruskan telapak kaki. Luruskan juga tangan di atas kepala dengan jemari saling terkait. Dorong tangan ke arah atas dan kaki ke arah bawah, sejauh yang kalian bisa. Tariklah perut ke arah dalam selama melakukan gerakan. Pejamkan mata dan jaga pernapasan agar tetap normal. Tahan posisi ini selama 30 detik dan ulangi gerakan selama 1-3 kali.

Setelah melakukan gerakan ringan di atas, lanjutkan proses relaksasi dengan latihan pernapasan. Latihan pernapasan sangat berperan untuk mengatasi kesulitan tidur (insomnia). Kalian dapat menggunakan aroma terapi untuk melengkapi proses relaksasi. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

So, Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.