Pencegahan dan Pengobatan Karies Pada Kesehatan Gigi Anak

pencegahan dan pengobatan karies pada kesehatan gigi anak

Anak kecil senang sekali dengan makanan yang manis-manis serti coklat dan permen. Tapi saat disuruh untuk sikat gigi sangatlah susah. Sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela gigi tidak bersih. Hal ini yang menyebabkan gigi si anak menjadi karies atau berlubang. Terjadinya karies gigi pada anak yaitu Bakteri dalam mulut merubah gula yang berasal dari makanan / minuman yang masih tersisa di mulutĀ  menjadi asam. Terpaparnya gigi dalam waktu yang lama oleh asam menyebabkan mineral-mineral email gigi larut.

Karies gigi atau dental caries menurut Susanto (2009) adalah penyakit jaringan gigi yang ditandai dengan kerusakan jaringan, dimulai dari permukaan gigi dan meluas kearah pulpa. Penyakit karies gigi terjadi karena demineralisasi (suatu keadaan dimana kristal-kristal permukaan gigi mengalami kehilangan mineral.) jaringan permukaan gigi oleh asam organis yang berasal dari makanan yang mengandung gula.

Karies gigi pada anak jangan disepelekan karena ini akan berpengaruh pada kesehatan gigi pada anak di masa depan. Karies gigi atau gigi berlubang akan berpengaruh terhadap jaringan yang terdapat dalam mulut. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri steptococus mutans ditandai dengan gejala awal muncul lapisan pada gigi yang lengket dan melapisi permukaan gigi. Adanya zat asam ini membuat jaringan keras pada gigi larut sehingga muncul karies gigi.

Tips mencegah karies gigi pada anak

  1. Ajak anak untuk membiasakan gosok gigi
  2. Bersihkan permukaan gigi dari plak yang menempel
  3. Jangan membiarkan anak tidur dengan dot masih di mulut
  4. Ketika anak berusia 1 tahunusahakan agar anak sudah tidak lagiĀ minum menggunakan dot, melainkan menggunakan cup.
  5. Periksakan gigi anak secvara teratur, kenalkan anak pada dokter gigi saat mereka belum sakit. Hal ini akan membuat anak menjadi terbiasa dan saat mereka sakit gigi anak tidak takut untuk memeriksakan ke dokter.
  6. Hindari pasta gigi yang mengandung fluoride sebab anak-anak belum cocok untuk menggunakan kandungan pasta gigi yang seperti itu.

Cara merawat gigi yang telah terlanjur terkena karies :

  1. Tahap awal yang harus dilakukan yaitu dengan membersihkan areal gigi menggunakan kasa atau sikat gigi secara rutin.
  2. Memeriksakan ke dokter gigi agar karies tidak semakin meluas dan menyebar.
  3. Jika gigi sudah berlubang biasanya dokter akan membersihkan atau membuang sebagian gigi yang terkenal karies dan menambalnya.
  4. Namun bila kerusakan gigi sudah terlalu parah dan saraf giginya mati, maka dokter biasanya menyarankan untuk mencabutnya. Sebab gigi anak yang mengalami keroposan biasanya gigi susu sehingga akan tumbuh lagi gigi tetap yang masih bagus dan sehat.
  5. Sedangkan apabila yang terkena karies gigi tetap maka sebaiknya dilakukan perawatan gigi khusus untuk mempertahankannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.