Pengaruh Permen Karet Terhadap Kesehatan Gigi

permen karet

Dulu waktu kita masih kecil dilarang untuk mengunyah permen karet, bahkan saat itu kita disuruh untuk segera membuangnya. Sering kita menganggap hal ini identik dengan hal-hal yang merusak gigi dan dapat membuat gigi berlubang.  Tapi, ternyata mengunyah permen karet memiliki manfaat lain, yaitu untuk kesehatan gigi dan mulut. Biasanya terdiri dari pemanis, bahan dasar gum, penambah rasa dan penambah aroma. Pada era modern seperti sekarang ini, lebih dari 50 persen bahan pembuat permen karet ditambah dengan pengganti gula seperti pemanis polyol (contohnya xylitol). Xylitol merupakan unsur kimia organik golongan polyalkohol yang banyak digunakan sebagai gula alternatif karena memiliki tingkat kemanisan yang sama dengan sukrosa.

Sudah rutin sikat gigi namun masih saja terdapat noda kekuningan di gigi kita yang sering disebut sebagai plak. Plak gigi yang kemudian dikenal dengan sebutan plak merupakan suatu zat lunak berwarna putih keabu-abuan atau kuning yang melekat erat pada permukaan gigi. Plak dapat terbentuk setelah satu atau dua hari tidak pernah membersihkan mulut dan dipengaruhi oleh makanan juga.

plak gigi Dalam suatu jurnal penelitian dikatakan bahwa mengunyah permen karet memiliki beberapa keuntungan yaitu membersihkan rongga  mulut dari sisa makanan dan menyediakan bahan mineral yang dibutuhkan oleh gigi-gigi. Efek dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut yaitu, melalui mekanisme “self cleansing” yaitu, pembersihan rongga mulut dengan bantuan air ludah dalam proses mengurangi plak pada gigi. Xylitol itu memiliki rasa dan bentuk seperti gula, karena adanya pemanis di dalamnya. Xylitol merupakan gula alkohol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Karena xylitol tidak difermentasi atau dimetabolisme oleh bakteri pada plak gigi. Sehingga, dengan mengunyah permen karet yang mengandung xylitol dapat mengurangi plak pada permukaan gigi. Dan dapat mengurangi proses terbentuknya karies pada gigi.

Cara membersihkan gigi menggunakan permen karet

Mengunyah permen karet yang mengandung xylitol sebanyak 3 sampai 5 kali dalam sehari. Dengan dosis harian 7 sampai 14 gram selama 5 menit dapat membantu mengurangi gigi berlubang. Jadi tidak semuanya permen itu buruk untuk gigi, walau begitu kita jangan lupa untuk tetap sikat gigi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.