Tips Mudik Lebaran saat Membawa Si Buah Hati

mudik lebaran

Mudik lebaran saat mendekati idul fitri, kebanyakan dari warga indonesia melakukan yang namanya mudik atau balik ke kampung halaman. Biasanya yang orang indonesia sebut sebagai mudik lebaran. Hal ini kerap menjadi momentum untuk bersilahturahmi dengan para saudara jauh yang biasanya akan ketemu saat mudik.

Perjalanan mudik memang melelahkan, perjalanan yang panjang dan kemacetan terjadi sepanjang jalan. Semua itu terbayar ketika sudah sampai rumah bertemu dengan orang-orang tersayang. Hal ini menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika anak belum pernah melakukan perjalanan mudik. Baca juga Pola makan menentukan kesehatan anda supaya ketika anda mudik, fisik anda sehat, Ayoo, mari simak tips mudik lebaran saat membawa anak kecil.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan

  • Beri pengertian anak apa itu mudik

Bagi anak yang pertama kali melakukan mudik pertama kali menjadi hal yang baru. Biasanya anak akan merasa penasaran dan bertanya-tanya. Mintalah pendapat anak, menginginkan perjalanan yang seperti apa, supaya mudik nyaman. Manfaatkan momen ini untuk membuat memori indah dan menyenagkan bersama anak.

  • Siapkan perlengkapan anak

Persiapkan barang-barang bawaan jauh-jauh hari semampunya. Bawa baju ganti anak yang dia sukai dan nyaman dipakai. Kelompokan barang mana yang harus selalu ada (seperti pempers, pakaian dalam, tisu, celana, baju ganti) dan barang yang tidak harus dibuka selama perjalanan (baju lebaran, sepatu, dan lain-lain).

  • Bawakan barang favorit anak

Barang favorit bisa membuat anak lebih tenang, tidak merasa jenuh. Barang kesukaan anak bisa seprti bantal, guling, boneka, mobil-mobilan kecil, robot dan sebagainya. Pastikan tidak ketinggalan ketika mudik. Barang ini juga bisa membuat anak tidur terlelap. Selain itu, siapkan video yang berisi kartun, permainan, buku atau aplikasi lain yang bersifat mendidik.

  • Membawa P3K

Membawa P3K menjadi wajib untuk perjalanan panjang sebagai antisipasi jika anak atau anda sakit mendadak. Bawa obat untuk anak dan anda sendiri, bawa minyak angin, pereda nyeri, salep dan inheler. Oh yaa, perlu juga nih bawa vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh selama perjalanan.

  • Persiapkan makanan ringan

Bawa makanan ringan untuk anak yang bervariasi agar tidak mudah bosan. Bawa juga camilan untuk anda. Jangan lupa bawa botol air panas (tremos) jika sekedar ingin menghangatkan tubuh dengan minum teh. Letakkan makanan ringan ditempat yang mudah dijangkau agar tidak perlu bongkar barang bawaan.

  • Pilih waktu mudik yang tepat
suasana-mudik-didalam-mobil
Suasana dalam mobil ketika mudik.

Jika anda mendapat libur kantor lebih awal dari libur serentak, berangkatlah lebih awal sehingga anda tidak kena macet. Selain itu, pilih waktu berangkat mudik waktu anak biasanya istirahat, contohnya saat jam tidur siang hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.